Jumat, 06 November 2009

Tubuh Indah dalam Enam Minggu

PERUT rata, lengan sekel, bokong dan dada kencang. Itulah bentuk tubuh idaman kaum hawa di planet biru ini. Kebanyakan dari mereka sulit meraihnya karena gaya hidup yang tidak sehat. Sering ngemil, kurang tidur, seharian di depan komputer, malas bergerak, atau tak sempat olahraga. Akhirnya, semua bagian yang seharusnya indah menjadi kendor dan berlemak.

Saatnya berubah! Ambil kaca, pandangi raga Anda baik-baik. Kalau masih ada bagian yang kurang enak dilihat, silakan coba tips mengencangkan badan berikut ini. Kalau konsisten menjalaninya, dalam enam minggu Anda sudah bisa menyaingi body aduhainya Megan Fox.

1. Bagian perut
Kunci utama dalam mengempeskan perut gendut adalah sit up. Pertama, berbaring di atas matras dengan kedua tangan di samping telinga. Angkat badan sampai membentuk sudut 45ยบ dan pastikan kepala sejajar dengan tulang belakang. Lakukan sebanyak dua set (1 setnya 12-15 kali). Kedua, pindahkan tangan ke belakang kepala, lalu angkat salah satu pundak dan sikut ke arah berlawanan, sebanyak dua set juga. Terakhir, luruskan kaki ke atas hingga tubuh membentuk sudut siku-siku. Gerakkan kaki sampai menekan perut, lakukan satu set saja.

2. Bagian lengan
Untuk membentuk bisep, Anda perlu bantuan dua barbel seberat 1 kg. Ambil posisi berdiri tegak, pegang barbel dengan posisi tangan menengadah ke atas, lalu mulai gerakkan naik turun sebatas dada. Ulangi sebanyak 3x15 kali per harinya. Kemudian untuk bagian trisep, alat bantunya adalah kursi. Berdiri di depan kursi lalu buat posisi seolah-olah sedang duduk. Topang tubuh dengan menaruh tangan di dudukan kursi. Selanjutnya, dorong lengan hingga badan bergerak naik turun. Sama seperti bisep, lakukan gerakan ini 3x15 kali per hari.

3. Bagian dada
Cara terbaik mengencangkan dada adalah gerakan push up. Kedua tangan menopang seluruh tubuh, posisi tubuh menghadap ke matras, kaki lurus ke belakang. Lakukan gerakan naik turun sebanyak 2x15 kali sehari. Gerakan ini tidak hanya bermanfaat bagi dada, tapi juga membuat lengan dan bahu kencang. Bagi yang tidak kuat, bisa melakukan push up separuh. Caranya sama, hanya saja bagian lututnya menempel ke matras sehingga bobot tubuh ditopang oleh tangan dan lutut.

Saat latihan, atur nafas sepelan mungkin. Ini berguna untuk menguatkan jantung sehingga tidak cepat lelah. Konsumsi vitamin juga dianjurkan di awal-awal latihan agar tubuh tidak kaget. Jangan lupa, jaga pola makan dan tidur Anda. Latihan ini takkan ada hasilnya jika gaya hidup tetap berantakan.

Sumber: koran olahraga Pro GOL!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More