Jumat, 06 November 2009

Tips Workout yang Efektif

FRUSTRASI dengan bentuk tubuh Anda? Kebanyakan orang mengambil jalan singkat pergi ke gym dan mencoba semua alat yang tersedia, mulai dari treadmill sampai angkat beban. Bahkan, tak sedikit orang yang membeli segala macam alat olahraga tersebut tanpa tahu fungsi sesungguhnya. Waktu dan durasi latihan pun sesuka hati saja. Nah, jangan sampai Anda termasuk dalam golongan ‘kebanyakan’ ini, bergerak tak jelas arah dan tujuan. Setidaknya, ada tiga hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jenis latihan yang hendak dijalankan, yaitu tujuan latihan, waktu yang tersedia, serta pengalaman.

1. Tentukan tujuan
Tanya pada diri sendiri, apa tujuan Anda dalam berolahraga. Biasanya, ada tiga hal: menurunkan berat badan, membentuk otot, atau menambah kekuatan. Bagi pengikut tujuan pertama, lakukan satu latihan rutin dengan 10-15 kali pengulangan per set, tanpa istirahat. Pemilihan latihan juga disesuaikan dengan bagian mana yang ingin dikurangi bobotnya. Kemudian, jika tujuannya adalah untuk membentuk otot, lakukan dua-tiga latihan rutin dengan 8-12 kali pengulangan. Berikan jeda 60 detik sebelum lanjut ke set berikutnya. Terakhir, kalau tujuannya adalah menambah kekuatan, maka gunakan latihan yang bebannya berat tapi sedikit pengulangannya. Cukup 3-5 kali per set dan istirahat sekitar 3 menit saat ada jeda set.

2. Waktu yang tersedia
Sama halnya saat ingin berbelanja, kita harus tahu berapa banyak uang yang dimiliki. Dalam berolahraga, mayoritas orang punya waktu 40-60 menit per hari. Kalau Anda ingin menambah durasinya, silakan saja. Tapi, ingat, yang terpenting bukanlah durasi per hari, namun frekuensi harinya. Yang paling efektif adalah 3 kali sepekan. Senin dan Rabu untuk latihan yang cukup berat, lalu ringankan sedikit di hari Jumat.

3. Pengalaman
Yang terpenting dalam berolahraga adalah menjaga konsistensi pengulangan latihan dan lakukan latihan-latihan dasar dengan benar. Jangan terburu-buru menghajar ‘tubuh’ dengan latihan yang terlalu berat. Berikan waktu bagi tubuh untuk beradaptasi. Penambahan set bisa dilakukan kalau Anda sudah semakin pengalaman.

Sumber: koran olahraga Pro GOL!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More